Manfaat dan Khasiat Daun Kelor

Dijual Buku Antik dan Langka


pohon kelor moringa aleifera
Pohon Kelor - Moringa Aleifera 


Manfaat Daun kelor Bagi Kesehatan : 
Tanaman kelor yang bernama latin Moringa oleifera, di setiap daerah memiliki nama yang berbeda-beda. Orang Sunda, Jawa, dan Bali, menyebutnya Kelor, di pulau Buru menyebutnya Kerol, di Madura disebut Maranggi, di Flores dikenal dengan sebutan Moltong, di Gorontalo disebut Kelo, orang-orang bugis menyebutnya Keloro, sedangkan di Sumba Nusa Tenggara Timur disebut Kawano.

Bunganya berwarna putih kekuningan dan tudung pelepah dengan bunga berwarna hijau, buahnya berbentuk segi tiga memanjang. 

Dalam perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan modern, telah berhasil meneliti bahwa pada daun kelor terkandung berbagai macam unsur gizi.

Dalam tradisi pengobatan kuno India (Ayurveda), tanaman perdu ini dianggap mempunyai kesaktian, karena bisa digunakan untuk menyembuhkan sekitar 300 jenis penyakit. 

Periset dari Anna Technology University, Tamilnadu, India, C Senthil Kumar, membuktikan bahwa daun kelor memang berkhasiat sebagai hepatoprotektor alias pelindung hati. 

Menurut dokter sekaligus herbalis di Yogyakarta, dr Sidi Aritjahja, kelor mengandung antioksidan yang sangat tinggi dan sangat bagus untuk penyakit yang berhubungan dengan masalah pencernaan.

Menurut Dr. Paulus Wahyudi Halim kelor memiliki energi dingin. Herbal seperti itu cocok untuk mengatasi penyakit dengan energi panas atau kelebihan energi seperti radang atau kanker.

Berikut adalah manfaat dan khasiat daun kelor :  

Daun kelor untuk Diabetes
Daun Kelor mengandung sejumlah besar asam oleat. Seperti dengan semua senyawa nutrisi tinggi lainnya yang terkandung dalam daun kelor. Asam oleat ini tidak diproses atau disintesis dengan cara apapun, sehingga tersedia untuk diserap secara langsung oleh tubuh manusia.

Selain mengandung asam oleat dengan kadar sangat tinggi (73 %), daun Kelor pun padat nutrisi penting lainnya yang membantu dalam memerangi diabetes. 


Beberapa sumber mengungkapkan tidak ada jenis tanaman lain di bumi yang lebih padat nutrisinya dibanding Daun Kelor.

Kasus Diabetes retinopati, atau kerusakan mata dari diabetes berkepanjangan, terjadi pada sekitar 40 % dari semua orang Amerika yang di diagnosis. Hal ini dapat menyebabkan kebutaan dari waktu ke waktu. 


Daun Kelor sangat kaya dengan vitamin A (daun segar mengandung 4 kali dan serbuk daun mengandung 10 kali lipat vitamin A dalam wortel) berfungsi untuk membangun kekuatan kornea, menghentikan peradangan mata dan menghindari resiko degenerasi.

Vitamin C diperlukan untuk regulasi insulin. Kekurangan vitamin C dapat mempengaruhi kemampuan pankreas untuk mengeluarkan insulin, yang memberikan kontribusi pada peningkatan yang tinggi dari gula darah. 

Daun Kelor mengandung kadar tinggi vitamin C (daun segar mengandung 7 kali lipat vitamin C dalam jeruk) yang membantu pankreas mengeluarkan insulin pada tingkat yang normal. Daun Kelor sebagai sumber yang kaya asam askorbat membantu dalam sekresi insulin. Inilah yang membuat kelor sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.

Vitamin D sangat penting untuk sel-sel dalam pankreas untuk dapat mensekresikan insulin dengan benar. Dalam penelitian menunjukkan bahwa individu dengan tingkat vitamin D paling rendah, memiliki risiko lebih besar terkena diabetes. 

Perlu dicatat bahwa nutrisi tertentu seperti vitamin B1, B2, B12, asam pantotenat, vitamin C, protein dan kalium bersama dengan makan ringan yang mengandung karbohidrat benar-benar dapat merangsang produksi insulin dalam tubuh.

Berbagai jenis vitamin dan mineral lainnya juga dapat membantu dalam produksi dan regulasi insulin, baik di pankreas dan tempat lain di seluruh tubuh. Misalnya, vitamin E telah ditunjukkan dalam beberapa studi untuk mengurangi risiko terkena diabetes. Vitamin E memudahkan tubuh untuk mengangkut dan mengelola insulin dengan meningkatkan integritas membran sel.

Daun Kelor untuk diabetes juga mengandung 46 antioksidan kuat lainnya, sangat membantu dalam meningkatkan manajemen tubuh Anda dan regulasi gula darah pada tingkat sel dan menyediakan asupan makanan dengan spektrum penuh nutrisi untuk menyeimbangkan efek dari diabetes. 

Dengan begitu banyaknya manfaat daun kelor tersebut, beberapa produsen produk herbal membuat ekstrak daun kelor dalam berbagai bentuk, baik kapsul, tablet maupun dalam bentuk teh. Hal ini tentu akan mempermudah konsumen untuk mendapatkan manfaat daun kelor yang lebih praktis.

Mengatasi Nyeri, Letih, Linu.
Daun kelor mengandung pterigospermin yang merangsang kulit sehingga dapat berfungsi sebagai param yang manghangatkan. Jika daun kelor dilumat dan dibalur akan mengurangi rasa nyeri karena bersifat analgesik. 

Menghilangkan flek di wajah
Haluskan daun kelor yang telah dicuci bersih secukupnya, jika sudah halus, oleskan pada wajah atau bisa juga dicampurkan dengan bedak yang biasa dipakai. Biarkan sebentar kemudian basuhlah wajah dengan air sampai bersih.

Mengobati rabun ayam
Ambil batang daun kelor yang sudah dicuci bersih, dan hingga haluskan. Jika sudah halus campurkan air matang sebanyak 1 gelas dan seduh sampai mendidih. Lalu saring airnya dan tambahkan sedikit madu. Kemudian diminum sebelum tidur secara rutin, agar mendapatkan hasil yang sempurna.





Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Manfaat dan Khasiat Daun Kelor

Posting Komentar