Tips Meminum Obat yang Baik dan Benar

Dijual Buku Antik dan Langka





Perlu diketahui bahwa menggunakan obat ada empat macam: 

  • Untuk menyembuhkan penyakit
  • Mencegah penyakit
  • Mengurangi rasa sakit
  • Untuk menjaga kesehatan

Selain itu perlu anda ketahui bahwa obat dapat berubah menjadi racun apabila takarannya cukup lama dan sering cara penggunaanya keliru, aturan obatnya keliru atau obatnya yang keliru.

Obat penambah nafsu makan untuk anak-anak misalnya, mengandung siproheptadina dan ada batas maksimal dosisnya, yaitu untuk anak umur 2-6 tahun jangan lebih dari 8 mg sehari atau empat sendok teh sirup. Untuk anak antara 7-14 tahun, tidak boleh dari 12 mg sehari. Itu berarti tiga tablet atau enam sendok teh sirup.

Sedangkan bagiorang dewasa batas maksimalnya 32 mg/hari. Bila lebih dari itu, maka akan timbul efek samping yang dapat membahayakan yang disebabkan oleh daya antiserotonin dan anticholinergik yang kuat. Akibatnya, akan terjadi gangguan pada kegiatan otak dan keseimbangannya, seperti kebingungan, timbulnya rasa mengantuk, mengeringnya mulut, tenggorokan dan hidung. Efek samping ini berlaku individualistis, artinya cepat atau lambat   timbulnya tidak sama pada setiap orang. Hal ini terutama akan terjadi bila dosisnya terlampaui dan pemakaiannya terlalu sering.

Obat flu yang mengandung kafein dapat menyebabkan jantung berdebar apabila dosisnya berlebih. Yang harusnya diminum satu tablet sehari, jangan ditelan dua tablet sekaligus dengan harapan cepat sembuh Anda juga akan sulit tidur nyenyak karena jantung berdebar terus.

Contoh obat yang menimbulkan efek samping kalau dikomsumsi cukup lama atau sering ialah obat kortikosteroida, sejenis Prednison, Deksametaso, Triamsinolon dll. Bila terlalu sering dikomsumsi, maka si wajah penderita akan menjadi bundar (moon face). Selain itu bisa timbul juga garis-garis merah terutama di daerah sekeliling perut yang disebut striae.

Obat yang banyak mengandung efek samping
Obat penghilang rasa sakit seperti AntalginFenibulazon, Amidozon dapa menimbulkan gangguan pada sel darah (Leucopenia/Agranulocytosis), apabila sering diminum dan dalam waktu jangka waktu yang lama.

Obat anti bioti kloroamfenikol dapat menimbulkan efek samping berupa gangguan pada sumsum tulang belakang dan terganggunya pembuatan sel darah merah.

Cara Mengkomsi obat yang baik.
Sehari tigakali yaitu jam :  8.oo, 14.00 dan pukul 20.00. Jangan sembarang waktu.

Obat sejenis obat nafsu makan, obat antibiotika dirivat penisilin semestinya diminum sebelum makan supaya betul-betul memberi hasil optimal. Sumber Majalah Intisari no.337 Agustus 1991 Oleh Hartono Hdw. 

Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Tips Meminum Obat yang Baik dan Benar

Posting Komentar