Delman di Bandung Tempo Dulu

Dijual Buku Antik dan Langka

image delman di bandung tempo dulu
Suasana di Stasion Kereta Api Bandung Jaman Dulu 

Masih ingat tersimpan dalam ingatan para sesepuh, bayangan kenangan tempo dulu :

Malam dingin di Kota Bandung
Sunyi sepi hening terusik
Dipecah bunyi, plak plik plok,
Gaung hentak kaki kuda.
Ditingkah gemerincing nyaring, cring cring cring,
Diseling suara, ting-neng ting neng,
menggema jauh-menjauh
Lalu sunyi-sepi kembali.


Setelah pedati kerbau menghilang dari dalam kota, berapa tipe kereta berkuda muncul di Kota Bandung. Ada salah satu tipe kereta kuda yang dinamakan Dos a Dos (istilah Perancis). Penumpang dan kusir duduk berlawanan arah, duduk saling belakang-membelakangi. Bila penumpang asyik ngobrol, sedangkan kuda nyeleweng menyesatkan arah perjalanan, penumpang tidak segera tahu. Habis lihat belakang melulu.

Model kereta kuda lainnya yang dikenal di kota ini adalah Bendi, Sado, Delman, Dokar dan Keretek. Bendi yang dihias dengan indah, penuh umbul-umbul, bahkan bila pemiliknya Menak Bandung sering dilengkapi payung, berkapasitas duduk untuk dua orang.

Selain ornamen dari perak atau kuningan yang melilit sang kuda, tak pernah lupa krincingan atau genta kecil mengalungi lehernya. Tentu saja sepasang lentera yang kini dianggap Antik itu, dipasang kiri-kanan kendaraan.

Perlengkapan lainnya yang khas adalah bel yang diinjak kaki ting neng, ting neng !!! Bendi yang tergolong lux, jaman baheula bisa dibeli pada Firma Hallermann di Jl. Braga. atau menyewanya pada Bang Naripan, orang kaya asal Betawi tempo dulu yang namanya diadopsi menjadi sebuah nama jalan di Bandung sekarang.

Bendi merupakan kendaraan tunggangan para Menak Bandung, Orang Kaya golongan Pasar dan para Preangerplanter : yang lalu-lalang makan angin di Malam Minggunya Parijs van Java. Asyik, riang meriah dan gemerlapan.

Dalam perjalanan sejarahnya yang lebih dari satu setengah abad, kereta kuda beroda dua masih tetap bertahan dibeberapa kota di Pulau Jawa dan Sumatra. Meskipun kendaraan bermotor yang lebih modern telah datang mendesaknya. Hanya kota-kota besar, kereta kuda semacam itu sudah mulai jarang terlihat.

Kota-kota kecil di Priangan yang masih banyak memeliki Delman, Dokar atau keretek adalah Banjaran. Ciparay, Majalaya dan Singaparna. Dengan nama, model dan modifikasi yang agak berbeda kita temukan Celebek di Plered, Andong di Yogyakarta, Per di Kota pantai Jawa Tengah, Mayor di kota Jawa Timur, Ben Hur di Manado dll.

Menjalani debutnya selama lebih dari satu setengah abad. Kereta berkuda tidak hanya beroperasi di dalam kota. Tapi sanggup jadi alat trasportasi antar kota dan daerah.

Setelah diceritakan oleh Tuan Forbes, pada tahun 1885 ia mengadakan perjalanan dari Bogor (Buitenzorg) ke Bandung. Jarak 80 Mil ditempuh dalam 13 jam. Dengan ongkos yang cukup mahal buat ukuran jaman baheula. Yaitu 20 sen tiap Mil.

Jadi ongkos Bogor-Bandung, dibayar oleh seorang penumpang sebanyak 18 gulden. Wah mahal pisan, tapi gak apa-apa kok, kata Tuan Forbes, karena pemandangan Priangan nan indah jelita, sepanjang perjalanan, cukuplah memadai dengan ongkos yang dikeluarkan. Syukurlah kalau begitu Mister. You memang termasuk Lucky man. Nggak sempat disruduk badak diperjalanan. Yes Very Lucky man Indeed !!

Dalam era hemat energi sekarang, rasa-rasanya masih layak riding and rolling di jalanan. Meski orang modernis yang mengejar efisiensi tinggi, mungkin tidak menyetujui pendapat ini.

Bunyi pluk-plik-plok plik-pluk dan ting neng ting neng, adalah suara khas Bandung baheula. Terkadang suara itu diselingi bunyi, dodolit-dodoli-bret yang berasal dari tuter mobil kuno yang berkeliaran. Sumber: Wajah Bandung Tempo Doeloe.1984. Haryoto Kunto.

Artikel Bandung Tempo Dulu Lainnya


Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Delman di Bandung Tempo Dulu

Posting Komentar