Sejarah Teh di Indonesia

Dijual Buku Antik dan Langka

sejarah teh di indonesia

Sejarah Teh di Indonesia
Menurut Dr Ch Bernard yang menjabat sebagai Direktur Balai Penelitian Teh. Dalam Makalahnya berjudul De Geschiedenis van de Theecultuur in Nederlandsch Indie (Sejarah Budidaya Teh di Indonesia). Menurutnya teh masuk ke Indonesia sekitar tahun 1684 atau 1687.

Karena ada berita bahwa pada tahun 1694 terlihat dibelakang pasanggrahan Gubernur Jendral J.Camphuis di Jakarta yang diperkirakan berasal dari Jepang. Tanaman itu tidak dianggap sebagai tanaman teh tetapi hanya dianggap sebagai tanaman hiasan saja. Diperkirakan tempatnya disekitar sebelah timur Gereja Portugis di kota lama.

Pada tahun 1728 VOC menganggap perlu mendatangkan biji teh untuk ditanam yang didatangkan dari negri Cina, disemaikan di Pulau Jawa. Tetapi yang menjadi tonggak dimulainya mendatangkan Teh adalah dengan dikeluarkannya surat No.6 tertanggal 10 Juni 1824 dari Dr Blumo yang menjabat sebagai Direktur Kebun Raya Bogor ( Buitenzorg) yang pada dasarnya memerintahkan kepada Von Siebold untuk mendatangkan teh ke Indonesia untuk dibudidayakan. Menurut Dr Ch Bernard bibit teh pertama ditanam di Kebun Raya Bogor dan di sebuah kawasan di Garut.

Sumber : Gedenkboek Der Nederlandsch Indische Theecultuur 1824-1924.  Diterbitkan pada tahun 1924 oleh Proefstation Voor Thee pada saat mengadakan kongres di Bandung. Tujuan diterbitkannya adalah untuk memperingati seratus tahun tanaman teh masuk ke Hindia Belanda (Indonesia). Oleh : Mamat Sasmita

Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Sejarah Teh di Indonesia

Posting Komentar