Kebaya Encim

Dijual Buku Antik dan Langka

kebaya encim


Kebaya Encim

Kebaya encim biasanya berwarna putih dan warna-warna muda lainnya, dibuat dari kain katun tipis dengan klasik bordir (borduur, bahasa belanda, artinya, sulam) motif gambar bunga mei (Mei Hwa) dan terlihat pada tepi bawah kebaya yang dibuat menjadi runcing ( sonday ).

Sering kali kebaya encim berlengan seperti agak kependekan. Ternyata ini ada maksudnya, supaya gelang keroncong yang mereka pakai bisa kelihatan! Kebaya Encim tak hanya populer di kalangan Nyonya di Nusantara tapi juga di Singapura dan Malaysia hingga akhir tahun 1950-an.

Pada perkembangan selanjutnya kebaya renda ini menjadi semacam identitas kaum perempuan Tionghoa Peranakan di Indonesia. Kebaya renda ini pada umumnya tetap berwarna putih, hendak menyatakan bahwa pemakainya adalah perempuan ' baik-baik '. Jika dicermati, tekstur dan kerapian pengerjaan yang dihasilkan sangat luar biasa.

Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Kebaya Encim

Posting Komentar