Sandal Selop Encim

Dijual Buku Antik dan Langka

Kain Kebaya China


Pada busana kain kebaya China Peranakan pada masa kolonial Hindia Belanda yaitu kebaya dengan bordiran di krah dan lengannya dan biasanya warnanya putih dan alas kakinya berupa sandal selop.

Pada awal abad ke 19 sandal selop encim berdisain datar, namun setelah tahun 1930-an model selop ada yang berhak tinggi (high-heeled) Meskipun bentuk dasarnya sama namun terdapat variasi terutama dalam hiasan yang disesuaikan dengan keinginan atau kebutuhan pemakainya.

Di kalangan istri pembesar, bahan sandal selop yang digunakan berbeda dari rakyat biasa. Biasanya mereka menggunakan bahan yang berkualitas tinggi seperti sutera atau beludru serta corak hias motif flora yang lebih anggun. Bahan sulaman biasanya terbuat dari kawat perak berlapis emas dengan tekstur yang dihasilkan sangat luar biasa sekaligus mengekspresikan kemapanan pemilik.

Kerumitan membuat sandal selop China Peranakan dengan kesempurnaan pengerjaan yang dipesan secara khusus oleh Pouw Tjoe Tin sebagai gaya hidup yang serba mewah karena dianggap bisa dijadikan sebagai simbol status dan keagungan.



Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Sandal Selop Encim

Posting Komentar