Sejarah Majalah Anak Anak Bobo

Dijual Buku Antik dan Langka


Sejarah Majalah Anak Anak Bobo


Majalah Bobo terbit pertama kali pada tanggal 14 April 1973. Pada awalnya, majalah ini adalah halaman dari artikel anak-anak yang terdapat pada Harian Kompas. Atas ide dan prakarsa dari PK Ojong bersama Jakob Oetama, dua pentolan sekaligus pendiri Harian Kompas, maka halaman dari artikel anak-anak ini dikembangkan menjadi sebuah majalah anak-anak. Bekerja sama dengan cara membeli hak paten sebuah majalah dengan nama yang sama "Bobo" yang berasal dari Negeri Belanda, maka para pengasuh halaman anak-anak pada Harian Kompas ini kemudian menyulap halaman artikel itu ke dalam bentuk sebuah majalah anak-anak yang bernama Majalah Bobo.

Pada awalnya, majalah ini terbuat dari kertas koran yang dicetak ke dalam bentuk 16 halaman, sudah termasuk cover. Tetapi, meskipun tipis, cetakannya sudah berwarna lho..., dan hal inilah yang membuat Majalah Bobo menjadi majalah anak-anak pertama yang dicetak berwarna. Pada masa itu konten yang ada pasti masih ringan, masih berupa beberapa cerita bergambar, beberapa cerita pendek, dan beberapa ulasan aktifitas anak-anak semisal mewarnai, menyambung titik, mengikuti garis, membedakan gambar, dan menebak gambar. Pada saat itu majalah ini belum memiliki artikel yang mengulas tentang ilmu pengetahuan dan liputan anak-anak. Harganyapun cuma Rp. 20,- (tapi untuk edisi pertama ini saja), dan untuk edisi selanjutnya harganya naik menjadi Rp. 35,-. Hehehe..., kalo dibawa ke jaman sekarang, harga segitu bisa buat beli tu majalah sampe bergudang-gudang kali yahhh ?... Hahaha... He-eh, miris yaa..., kalo sekarang dengan uang segitu kita enggak bisa beli apa-apa, lagi pula uang recehan kayak gituan udah nggak beredar lagi di jaman sekarang. Hehehe...
Sebenarnya Majalah Bobo versi Indonesia adalah hasil adaptasi dari majalah asli dengan judul yang sama yang terbit tiap sebulan sekali di Negeri Belanda, yang diterbitkan oleh Penerbit Malmberg. Sedangkan Majalah Bobo edisi Bahasa Indonesia terbit seminggu sekali, yang diterbitkan oleh Kelompok Kompas Gramedia. Pada masa-masa awal kemunculannya, Majalah Bobo versi Indonesia sebagian kontennya berasal dari bahan-bahan dari Majalah Bobo versi Belanda yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, sedangkan sebagiannya lagi meneruskan rubrik dari halaman anak-anak yang terdapat pada Harian Kompas. Adalah Adi Subrata dan Tinneke Latumeten, sosok yang pertama kali mengasuh majalah anak-anak ini.
Di masa sekarang, konten dari Majalah Bobo Indonesia murni seluruhnya dibuat dan dikerjakan oleh Staf Redaksi Majalah Bobo Indonesia. Konten dan penampilannya pun semakin bervariasi, hanya nama dan karakter tokohnya utamanya saja yang tetap. Sumber

Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Sejarah Majalah Anak Anak Bobo

Posting Komentar