Pemberontakan Ibnu Hadjar di Kalimantan Selatan Oktober 1950

Dijual Buku Antik dan Langka

Pemberontakan Ibnu Hadjar di Kalimantan Selatan
Ibnu Hadjar, pemimpin pemberontakan DI/TII di Kalimantan Selatan


Pemberontakan Ibnu Hadjar di Kalimantan Selatan

Ibnu Hadjar alias Haderi bin Umar alias Angli adalah seorang bekas Letnan Dua TNI yang kemudian memberontak dan menyatakan gerakannya sebagai bagian DI/TII Kartosuwirjo. Dengan pasukan yang dinamakannya Kesatuan Rakyat Yang Tertindas, Ibnu Hadjar menyerang pos-pos kesatuan tentara di Kalimantan Selatan dan melakukan tindakan-tindakan pengacauan pada bulan Oktober 1950.

Pemerintah masih memberikan kesempatan kepada Ibnu Hadjar untuk menghentikan petualangannya secara balk-balk, ia pernah menyerahkan diri dengan kekuatan pasukan beberapa peleton dan diterima kembali ke dalam Angkatan Perang Republik Indonesia. Tetapi setelah menerima perlengkapan, Ibnu Hadjar melarikan diri lagi dan melanjutkan pemberontakannya.

Perbuatan ini dilakukan lebih dari satu kali sehingga akhirnya Pemerintah memutuskan untuk mengambil tindakan tegas menggempur gerombolan Ibnu Hadjar. Pada akhir tahun 1959, pasukan gerombolan Ibnu Hadjar dapat dimusnahkan dan Ibnu Hadjar sendiri dapat ditangkap. Sumber: Buku 30 Tahun Indonesia Merdeka 1950-1964.

Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Pemberontakan Ibnu Hadjar di Kalimantan Selatan Oktober 1950

Posting Komentar