Penobatan dan Sikap Sri Sultan Hamengkubuwono IX 1940

Dijual Buku Antik dan Langka

Foto ini merupakan kirab pada acara Jumenengan (penobatan) Raja Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono IX, pada 18 Maret 1940. Raja sekaligus negarawan yang kelak dikenal dengan Tahta untuk Rakyat ini, begitu kharismatik, merakyat dan disegani terutama Belanda.

"Yogyakarta menjadi termahsyur oleh karena jiwa kemerdekaannya. Hiduplah terus jiwa kemerdekaan itu" (Soekarno). Bahkan sebelum menjadi seorang raja, sifat dan sikap sebagai seorang negarawan ia tunjukan ketika Belanda menyodorkan draft kontrak politik, sebagai prasyarat penobatan dirinya menjadi Sultan Yogyakarta.

Kontrak politik ini lazim dilakukan sebagaimana raja-raja sebelumnya. Setidaknya proses negosiasi yang dilakukan Belanda berlangsung selama 4 bulan. Sikap ini menunjukan bahwa proses negosiasi berlangsung dalam kesetaraan.

Gubernur Dr. Lucien Adam sebagai wakil Belanda pun tak mampu merayu sang calon raja itu, hingga setiap perundingan selalu berakhir dengan kebuntuan. GRM Dorodjatun menolak segera penandatangan kontrak politik dengan Belanda dikarenakan tiga hal, yaitu; mengenai Pepatih Dalem, Dewan Penasihat, dan Prajurit.

Mengenai Prajurit Dorodjatun dengan tegas menolak keinginan Belanda yang menghendaki prajurit keraton sebagai legiun yang berada dibawah KNIL, dimana Kasultanan tidak dapat memerintahnya, namun harus menggaji serta merekrut mereka. Begitulah, selama 4 bulan lamanya sikap GRM Dorodjatun akhirnya melunak, konon, sikap ini dilakukan Dorodjatun setelah mendapatkan bisikan gaib yang diyakini dari leluhurnya, dan bersedia menandatangani kontrak politik itu pada upacara Tratag Prabayeksa. Hingga akhirnya Dorodjatun dinobatkan sebagai Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Foto: kitlv.nl. Sumber: http://www.imgrum.org/media/1231056806596374077_2166640058


Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Penobatan dan Sikap Sri Sultan Hamengkubuwono IX 1940

Posting Komentar