Pengiriman Misi Garuda I 1956

Dijual Buku Antik dan Langka

Pengiriman Misi Garuda I 1956
Upacara pelepasan Pasukan garuda oleh presiden Sukarno di halaman Istana Merdeka pada tanggal 31 Desember 1956


PENGIRIMAN MISI GARUDA I

Semenjak Perang Dunia  II berakhir, Timur Tengah selalu bergolak sebagai akibat didirikannya negara Israel di Palestina.

Pada tahun 1956 masalah Timur Tengah menjadi lebih hangat setelah Terusan Suez dinasionalisasi oleh Presiden Mesir Gamal Abdul Nasser pada tanggal 26 Juli 1956. Sebagai akibatnya, pertikaian menjadi meluas dan melibatkan negara-negara di luar kawasan tersebut yang berkepentingan dalam masalah Suez. Pada bulan Oktober 1957 Inggris, Perancis, dan Israel melancarkan serangan gabungan terhadap Mesir.

Beberapa kota di sepanjang Terusan Suez dibom dan wilayah Mesir di Sinai diduduki. Situasi ini mengancam perdamaian dunia sehingga Dewan Keamanan PBB turun tangan dan mendesak pihak-pihak yang bersengketa untuk berunding. Perundingan-perundingan ternyata tidak berjalan lancar.

Dalam Sidang Umum PBB Menteri Luar Negeri Kanada Lester B. Pearson mengusulkan agar dibentuk suatu pasukan PBB untuk memelihara perdamaian di Timur Tengah. Usul ini disetujui sidang dan pada tanggal 5 November 1956 Sekjen PBB membentuk sebuah Komando PBB dengan nama United Nations Emergency Forces (UNEF). Pada tanggal 8 November 1956 Indonesia menyatakan kesediaanya untuk turut serta menyumbangkan pasukan dalam UNEF.

Sebagai pelaksanaannya, pada tanggal 28 Desember 1956 dibentuk sebuah pasukan yang berkekuatan satu detasemen (550 orang), yang terdiri dari kesatuan-kesatuan Teritorium IV/Diponegoro dan Teritorium V/Brawijaya. Sebagai Komandan Kontingen ditunjuk Kolonel Hartoyo, yang kemudian diganti oleh Letnan Kolonel Saudi. Kontingen Indonesia untuk UNEF yang diberi nama Pasukan Garuda ini diberangkatkan ke Timur Tengah pada bulan Januari 1957.  Sumber: Buku 30 Indonesia Merdeka 1950-1964


Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Pengiriman Misi Garuda I 1956

Posting Komentar