Peristiwa Malari 15 Januari 1974

Dijual Buku Antik dan Langka

Peristiwa Malari 15 Januari 1974
Kerusuhan yang terjadi bertepatan dengan kunjungan Perdana Menteri Jepang Kakuei Tanaka, yang dikenal dengan nama "Peristiwa Malari". Gambar ini menujukkan keadaan di Harmoni

Sebagai kelanjutan aksi-aksi mahasiswa yang telah berlangsung beberapa waktu, pada tanggal 15 dan 16 Januari 1974, bertepatan dengan kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Jepang Kakuei Tanaka, di Jakarta terjadi demonstrasi-demonstrasi dan kerusuhan-kerusuhan masal.
Kerusuhan-kerusuhan tersebut memuncak dengan pengrusakan-pengrusakan dar pembakaran-pembakaran barang-barang buatan Jepang, terutama kendaraan bermotor.

Berkat tindakan cepat dari alat-alat negara, kericuhan-kericuhan tersebut dapat diatas dengan cepat dan kunjungan tamu negara dari negara sahabat Jepang telah berlangsung sesuai dengan acara-acara yang direncanakan dengan selamat.

Sementara itu, pada tanggal 17 Januari 1974 Pemerintah menetapkan Iangkah-Iangkah preventif dan represif guna mengatasi keadaan,yang meliputi penertiban pelaksanaan hak-hak demokrasi, pencegahan timbulnya tindakan-tindakan yang menjurus serta mem-buka peluang ke arah makar,pengembangan, dan pemantapan salipg pengertian antara Pemerintah dan DPR, kekuatan-kekuatan sosial politik, dan pers. Juga telah dilakukan tindakan-tindakan pengusutan terhadap mereka yang bertanggung jawab dan yang melakukan tindakan melawan hukum, seperti perampokan dan pembakaran. Demikian juga telah diambil Iangkah-Iangkah pemulihan -keamanan serta kehidupar ekonomi di Jakarta.

Tokoh-tokoh yang harus bertanggung jawab terhadap kerusuhan tersebut ditahan dar diajukan ke muka pengadilan, antara lain Hariman Siregar, Sjahrir dari Jakarta, dar Muhammad Aini Chalid dari Yogyakarta.

Dari hasil pemeriksaan di muka pengadilan telah terbukti bahwa rangkaian peristiwa yang berpuncak pada kerusuhan tersebut, yang dikenal sebagai "Peristiwa Malari" merupakan tindakan pidana subversi. Sumber: 30 Tahun Indonesia Merdeka 1970-1974

Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Peristiwa Malari 15 Januari 1974

Posting Komentar