Buku-Buku Sunda Karya Raden Ayu Lasminingrat

Dijual Buku Antik dan Langka

buku buku sunda karya raden ayu lasminingrat
Raden Ayu Lasminingrat bersama suami berikut para pembantunya 

Kesusastraan Sunda
Penulis Sunda dari kaum wanita yang perlu dicatat yaitu Raden Ayu Lasminingrat. Ia, selain sebagai pendidik ia juga merupakan penulis wanita (sastrawati) angkataan pertama. Beberapa buah penanya berupa buku-buku bahasa Sunda antara lain Warnasari jilid I dan II, dicetak dan diterbitkan oleh Balai Pustaka dan dijadikan koleksi Perpustakaan Rakyat pada tiap-tiap Sekolah Dasar untuk dipinjamkan kepada anak-anak sekolah dan umum.

Buku-buku karya Lasminingrat isinya memang memenuhi selera anak-anak dan enak pula dibaca. Hal itu disebabkan Lasminingrat mempunyai kemampuan tinggi dan pengetahuan luas.

Berkat pergaulannya dengan orang-orang cerdik pandai, baik orang asing maupun bangsa sendiri dan mahir berbahasa Belanda, salah satu bahasa asing Eropa yang waktu itu sangat berpengaruh dalam pergaulan dan bidang kehidupan lainnya, terutama dalam bidang ilmu pengetahuan.


Penguasaannya terhadap bahasa Belanda tidak terbatas hanya dalam bercakap-cakap dengan orang-orang Belanda ketika itu, melainkan sampai-sampai berbicara dengan Gubernur Jenderal pun dilakukannya secara santai dengan menggunakan bahasa Belanda. Selain itu, pengetahuannya tentang bahasa Belanda digunakan pula untuk menerjemahkan buku-buku bahasa asing tersebut ke dalam bahasa Sunda.


Hal itu dilakukan dengan mengingat pula pada masa itu buku-buku bacaan untuk anak-anak dalam bahasa Sunda sangat langka, dan buku-buku ilmu pengetahuan yang ada di Indonesia kebanyakan ditulis dalam bahasa Belanda. Buku-buku berbahasa Belanda diterjemahkan pula ke dalam bahasa Sunda, seperti Warnasari dari Verhalen van Moeder de Gans dan Kulit Kalde dari Putri Bianca. Buku-buku tersebut disadurya sedemikian rupa sehingga merupakan cerita berseling dangding mungkin agar mudah dicerna oleh pembacanya yang saat itu masih rendah tahap pendidikannya.


Atas jasa-jasanya itu, Lasminingrat selain dianugrahi tanda penghargaan, juga memperoleh gaji dari pemerintah Hindia-Belanda. Sumber : Sejarah Tatar Sunda 2003  Oleh: Nina H.Lubis, dkk


Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Buku-Buku Sunda Karya Raden Ayu Lasminingrat

Posting Komentar