Dongeng Anak Anak Pengembala Yang Kesepian

Dijual Buku Antik dan Langka




Pengembala Yang Kesepian
Dahulu kala hiduplah seorang petani dengan seorang anak laki-lakinya. Petani itu mempunyai domba yang  harus digembalakan oleh anaknya. Tetapi anaknya itu tidak suka pekerjaan mengembala itu. Karena padang pengembalaan itu jauh terpencil,dia selalu merassa kesepian. Juga tak ada kawan sebaya yang mengembala kambing disitu.

Untuk mengisi kekosaongan dan menghibur diri di tempat yang terpencil itu,dia merencanakan sesuatu yang mungkin akan menarik perhatian orang lain.

Pada suatu siang,ketika tetangga-tetangganya baru saja pulang dari ladang,terdengar teriakkan si pengembala itu. Dia berteriak-teriak bahwa ada beruang yang akan menerkam kambingnya. Merak mencari kesan-kemari. Setelah beberapa lama beruang itu tidak diketemukan,merekapun pulanglah. Anak gembala itu tertawa terbahak-bahak melihat tipunya berhasil.

pada kesempatan yang lain,dia berteriak lagi seperti yang sudah-sudah. begitu mendengar teriakan, tetangga-tetangganyapun berbondong-bondong ke tempat si anak itu.
Kali ini mereka tertipu lagi.

Pada hari berikutnya,betul-betul ada beruang datang akan menerkam kambingnya. Si anak yang biasa main-main sekarang merasa betull-betul ketakutan. Dia berteriak meminta lontong tolong.

mendengar teriakkan anak gembala itu,tidak seorang tetanggapun mau menolongnya. Mereka telah sering tertipu.

Dibiarkan dia sendirian dan kambingnya dimakan beruang itu.

Sumber Kumpulan Dongeng oleh Sulartoyo Sunoko dan bandi.
 Penerbit TARATE Bandung.1977.

Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Dongeng Anak Anak Pengembala Yang Kesepian

Posting Komentar