Bandung Tempo Dulu | Perusahaan Gudang Kereta Api

Dijual Buku Antik dan Langka






Untuk menampung dan menyimpan hasil perkebunan yang di angkut kereta api dibangunlah gudang-gudang penimbunan barang di Kota Bandung.

Adapun gudang-gudang tadi terletak di Cibangkong, Cikudapateuh,daerah Kosambi Jl. Gatot Subroto,Kiara condong, Jl.Braga, sekitar stasion Bandung, Jl.Pasirkaliki, Jl.Industri, Ciroyom dan Andir. Sebagian dari gudang-gudang itu masih bisa kita temui sampai sekarang.

Begitu baiknya pelayanan S.S.(Staats Spoor) pada masa itu, hingga untuk mencapai efisiensi dalam pengangkutan, gudang-gudang tadi dihubungkan dengan jalur K.A.(sppor simpang).

Perusahaan pergudangan yang terkenal di Bandung tempo dulu antara lain "Java Veem" yang dibaca oleh Mang Anang “Japapem ", "Veem Tanjung Priok" di Jl.Braga dan jaringan usaha pergudangan milik orang Cina kaya dari Semarang "Oei Tiong Ham".


Pemasangan kontruksi beton gudang kereta api Cikudapateuh - Bandung 02-02-1926



Dengan mundurnya permintaan hasil perkebunan Priangan di pasaran dunia, maka sedikit demi sedikit jalur K.A. itu tidak lagi dipergunakan. Apalagi setelah kendaraan bermotor truk yang lebih fleksibel mengangkut muatan "Door to door", mulai beroperasi dikawasan Bandung,maka fungsi K.A. menjadi cuma jadi alat angkutan penumpang. Yang nota bene tidak begitu menguntungkan. Maka berlalulah "masa keemasan" kereta api di wilayah daratan tinggi Bandung.

Namun bagaimanapun juga,kereta api telah memberikan andilnya yang sangat besar dalam "awal kebangkitan" Kota Bandung. Sumber Wajah Bandung Tempo Doeloe - Haryoto Kunto 




Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Bandung Tempo Dulu | Perusahaan Gudang Kereta Api

Posting Komentar