Sejarah Asal - Usul Lipstick Pemerah Bibir

Dijual Buku Antik dan Langka





Sejarah Lipstik/Pemerah Bibir
Di zaman dulu,wanita di desa memakai ekstrak kulit buah pinang untuk mewarnai bibirnya. Ada pinang yang menghasilkan warna merah muda dan merah tua.

Kalau buat menambah gengsi sebentar,bolehlah. Soalnya,begitu dipakai agak lama, apalagi kena air warna itu cepat luntur. Maklumlah, belum ada adonan zat-zat tambahan pengikat dan penstabil warna.
Dari Zaman Cleopatra
Pemerah bibir alias lippenstif, yang kita sering dengar dari omongan oma-oma kita, menurut para arkeolog pertama kali ditemukan di mesir, antara 3.000-4000 sebelum masehi bersama-sama kosmetika lain. Di awal era masehi, barang-barang kosmetika itu telah digunakan di Mediterania dan Timur Tengah.

Wanita Mesir selain suka meminyaki tubuh, melukis mata mereka dengan celak berwarna hitam dan hijau, juga senang memoles bibir dengan semacam cat berwarna merah. Tentu saja produk-produk tersebut dicampur wewangian, seperti kemenyan, dupa atau tanaman harum lainnya.

Lipstik sendiri terbuat dari bahan yang mengandung lemak. Warnanya bisa macam-macam, tergantung zat pewarnanya. Biasanya bernuansa merah, tapi bisa juga putih saja untuk memberi kesan alami. Atau ada juga lipstick untuk melindungi kulit bibir terhadap angin, matahari dan udara kering, atau untuk memberi kesan glossy.

Jadi, jangan heran kalau wanita zaman dulu lipstik dipakai untuk merias wajah. Kemungkinan besar Mark Anthony dulu jatuh cinta pada Cleopatra gara-gara sang Ratu Mesir ini pakai pemerah bibir. Sumber: Majalah Intisari no.337 Agustus 1991





Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Sejarah Asal - Usul Lipstick Pemerah Bibir

Posting Komentar