Buku Karya Sukarno Mencapai Indonesia Merdeka 1

Dijual Buku Antik dan Langka


Sold Out





Selatan dari Bandung adalah tempat pegunungan yang bernama Pangalengan. Ditempat itu saya, sekembali dari saya punya tournee tempohari ke Jawa Tengah yang membangkitkan Rakyat sejumlah 89.000 orang, bervakansi beberapa hari melepaskan kelelahan badan. Dalam vakamsi itu saya menulis ini risalah, ini vulgschrift.

Isinya buat kaum ahli politik tidak baru,tapi buat orang yang baru menjejakkan kaki digelanggang perjoangan ada faedahnya juga.

Untuk menjaga jangan sampai risalah ini menjadi terlalu tebal, dus jangan sampai terlalu mahal harganya, maka hanya garis-garis besar saja yang bisa saya guratkan

Misalnya fasal "Diseberang Jembatan Emas" kurang jelas. Tetapi Insya Allah akan saya bicarakan nanti spesial didalam risalah lain, yang juga akan bernama "Diseberang Jembatan Emas"

Moga-moga risalah ini banyak dibaca oleh Marhaen.



Sebab-sebabnya Indonesia tidak merdeka.
Profesor Veth pernah berkata, bahwa sebenarnya Indonesia tidak pernah merdeka. Dari zaman purbakala sampai sekarang,dari zaman ribuan tahun sampai sekarang, dari zaman Hindu sampai sekarang,maka menurut Profesor itu Indonesia senantiasa menjadi negeri jajahan : mula-mula jajahan Hindu, jajahan Belanda.

Dengan persetujuannya yang sepenuh-penuhnya, maka didalam salah satu bukunya ia menantumkan syairnya seorang penyair yang berbunyi :

 "Aan Java's strand verdrongen zih de volken :
Steeds daagden nieuwe meesters over het meer :
 Zijn volgdden op elkaar,gelijk aan het zwerk de wolken : De telg des lands alleen was nooit zijn heer"

Syair mana berarti :
Dipantainya tanah Jawa yang berdesak-desakan:
Datang selalu tuan-tuannya setiap masa:
Mereka beruntun-untun sebagai runtunan awan:
Tapi anak pribumi sendiri tak pernah kuasa.

Pendapat kita tentang pendirian ini? Pendapat kita ialah bahwa Profesor yang pandai itu, yang memang menjadi salah satu datuknya penyelidikan riwayat kita, ini kali salah raba. Ia lupa, bahwa ada perbedaan yang dalam sekali antara hakekatnya zaman Hindu itu tidak terutama sekali berarti suatu machtsusurpatie dari fihak Hindu diatas pundaknya fihak Indonesia. Ia lupa, bahwa didalam zaman Hindu itu Indonesia sebenarnya adalah Merdeka terhadap pada Hindustan, sedang didalam sekarang Indonesia adalah tidak merdeka terhadap negeri Belanda.



Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Buku Karya Sukarno Mencapai Indonesia Merdeka 1

Posting Komentar