Buku Lama Karya:
Mau Tje-Tung
Tentang Seni Dan Sastra

Dijual Buku Antik dan Langka




MAU TJE-TUNG TENTANG SENI DAN SASTRA

SEPUCUK SURAT TENTANG PUISI

                                                                                                                   12 Januari 1957
             
Kawan Ke-tjia dan kawan lainnya.
Surat kawan-kawan telah lama saya terima,dan maafkanlah saya karena terlambat membalas surat itu. Sesuai dengan pesan kawan-kawan maka sajak-sajak saya dalam bentuk lama yang masih saya ingat,seluruhnya delapanbelas buah,termasuk kiriman kawan-kawan yang delapan buah itu,telah saya salin serta saya lampirkan berikut ini,dan dengan ini saya serahkan kepada pertimbangan dan kebijaksanaa kawa-kawan.

Selama ini tidak pernah ada niat saya untuk mengumumkan sajak-sajak itu secara resmi,sebab semuanya itu berbentuk lama dan saya takut kalau-kalau itu mengakibatkan tersebarnya keenderungan yang salah,sehingga menyesatkan angkatan muda. Tambahan pula,sajak-sajaknya tidak seberapa puitis,dan juga tidak menunjukkan keistimewaan apapun. Tetapi,jika kiranya menurut pendapat kawan-kawan dimuat dan dengan demikian dimungkinkan pula untuk membetulkan kesalahan-kesalahan pada beberapa sajak yang telah diturun dan berpindah-pindah dari tangan ketangan,maka terserahlah kepada kebijaksanaan kawan-kawan.

Sungguh suatu yang baik bahwa ada majalah Puisi.
Mudah-mudahan ia tumbuh dan berkembang subur.
Sudah barang tentu,dalam dunia puisi seharusnya puisi bentuk modernlah yang diutamakan. Pengubahan puisi bentuk klasik boleh juga dikerjakan sedikit-sedikit,tetapi tidak selayaknya dianjurkan kepada kalangan pemuda,sebab bentuk semacam itu mengikat pikiran mereka dan sukar untuk dipelajari. Sekianlah pendapat saya sekedar untuk bahan pertimbangan kawan-kawan.

Salam saya sebagai kawan.  
"Mau Tje-Tung"


 Sumber:Mau Tje-Tung Tentang Seni dan Sastra.Penerbit:
Jajasan "Pembaruan".
Djakarta.1963


Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Buku Lama Karya:
Mau Tje-Tung
Tentang Seni Dan Sastra

Posting Komentar