Utuy Tatang Sontani | Suling

Dijual Buku Antik dan Langka


Suling Karay Utuy Tatang Sontani
Suling Karya Utuy T. Sontani - 1948


Suling Karya Utuy Tatang Sontani
Tercipta pada penghabisan penjajahan Jepang dan permulaan revolusi yang pecah dengan proklamasi Indonesia Merdeka, drama bersajak ini mempunyai bentuk simbolik berdasarkan sejarah. 

Nasib Indonesia berupa Sri dalam persatuan harmonia dengan Panji, mengalami berturut-turut kedatangan bangsa-bangsa yang membawa coraknya masing-masing dari yang membawa religi dan kemudian agama, kepedagang yang kasar sampai padanya imperialis yang ganas. Dengan melalui beberapa tingkat pergaulan itu, tibalah Sri dan Panji ketingkat yang dewasa, karena telah mengenal hidup dalam segala segi dan larangannya.

Dan seperti tiap ciptaan yang banyak harganya memungkinkan berbagai - bagai interpretasi tentang kehidupan yang begitu luas, demikianlah drama "Suling" ini bisa pula dipandang sebagai kisah perjalanan jiwa manusia yang sewajarnya, mencapai kesempurnaan. Nampak jelas berbagai - bagai macam dan sifat manusia, masing-masing dengan pegangannya yang dianggapnya kebenaran. 

Bersinar-sinar mutiara kata- kata dari beberapa pelakon-pelakon yang hanya mungkin didapat dengan mengalami banyak pengalaman dan setelah mengatasi nafsu hewani. Jalan kejadian-kejadian penuh dengan peristiwa-peristiwa tiba-tiba. Orang tidak tahu apa pada sesuatu saat akan terjadi sesudahnya dan inilah salah satu kekuatan drama ini.

Disamping ini dan maksud tujuan drama ini, tidak kurang harga bentuknya diukur dengan ukuran kesusastraan,yang menyimpangi bentuk yang lama dan dalam konsepsi lebih besar pula dari sajak-sajak kecil yang ada sekarang.

Cetakan Balai Pustaka
Jakarta 
1948






Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Utuy Tatang Sontani | Suling

Posting Komentar