Dokumentasi Musik Belanda Bagian 2

Dijual Buku Antik dan Langka


Musik Belanda
"THE BINTANGS" GROUP MUSIK ASAL BELANDA TAHUN 70'AN PENGUSUNG:INDOROCK, RYTHM AND BLUES.


Bagian satunya kilik disini ...
Ancaman Perang Dunia Kedua memberikan pikiran kepada Lembaga untuk melaksanakan tugas monumental membuat mikrofilm dari semua lembaran musik Belanda yang dimilikinya. Selama tahun-tahun peperangan lembaga itu tidak bergerak, tapi tahun 1946 ia kembali aktif dalam usaha menghidupkan kembali kesenian di negeri Belanda. Negeri Belanda beruntung mem-punyai sebagai Menteri Pendidikan, Kesenian dan Ilmu pengetahuan, Dr. van der Leeuw yang di-namis.

Atas anjurannya Lembaga untuk Kepentingan Musik Belanda mendirikan suatu pusat dokumentasi untuk musik Belanda, dengan tugas utama mengumpulkan semua lembaran karya musik yang ditulis di negeri Belanda. Pemerintah menyetujui untuk memberi subsidi kepada usaha baru itu,dan tahun 1947 lahirlah Yayasan Donemus.


Pemisahan Dokumentasi dan Penerbitan
Yang menjadi dasar untuk koleksi ialah mikrofilm-mikrofilm yang dibuat oleh Lembaga untuk Kepentingan Musik Belanda tidak lama sebelum pecah perang. Dari semula DONEMUS dapat memberikan informasi mengenai,bahkan salinan naskah karya musik Belanda manapun juga. Pemerintah bersedia sepenuhnya untuk mem-bantu DONEMUS dan masa depan keuangannya bagus. Tahun 1947 DONEMUS mewakili 92 orang komponis dengan semua komposisi mereka.

Tapi dengan terus menerus bertambahnya komponis-komponis dan komposisi-komposisinya maka tidak praktis lagi untuk menyimpan lembaran karya lengkap dari semua komponis dan diadakan sebuah panitia seleksi untuk memilih yang baik-baik dari karya-karya yang dikirimkan. Ketika sistim ini ternyata tidak bisa dijalankan, maka diputuskan untuk menyimpan secara otomatis semua yang dipesan dan karya-karya yang dijamin akan dimainkan oleh ansambel-ansambel.yang mapan. Lain-lain karya hanya dapat dimasukkan dalam koleksi setelah melalui penilaian panitia.

Kebijaksanaan ini dalam tahun 1975 gantikan oleh prinsip seleksi individuil sematamata. Kecuali menilai setiap karya atas mutunya,juga mencoba mengadakan perimbangan antara berbagai aspek pembuatan komposisi,bukankan saja dalam hubungan gaya, genre dan instrumenasi tapi juga dengan memperhitungkan fungsi sesuatu karya yang riil atau potensiil dalam kehidupan musik di dalam negeri. Panitia seleksi terdiri dari tujuh orang anggota, tiga di antaranya diangkat oleh Perkumpulan Komponis Belanda dan empat oleh Dewan DONEMUS.

Tapi meskipun telah banyak mencapai sukses, Donemus nampaknya masih tetap jauh dari tujuannya yang utama untuk menggiatkan penam-pilan musik di depan umum. Seluruh organisasi terancam akan tertimbun oleh proyek mikrofilm. Tahun 1947 Donemus mengingatkan bahwa "ada musik Belanda yang baik untuk dipertunjukkan di depan umum".

Tahun 1970 DONEMUS menyadari bahwa dokumentasi dan menyediakan informasi saja tidak cukup,dan karena itu diputuskan untuk menarik garis yang jelas antara dokumentasi dan penerbitan. Sejak waktu itu semua karya komponis Belanda dimikrofilm,tapi hanya yang terpilih, yang memenuhi kriterium yang dibicarakan di atas, akan diumumkan dicetak, bukan difotokopi seperti masa-masa yang lalu.  Sumber : Serba-Serbi Belanda No.Istimewa








Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Dokumentasi Musik Belanda Bagian 2

Posting Komentar