Sejarah Legenda Dan Foto-Foto Tangkuban Parahu Tempo Dulu

Dijual Buku Antik dan Langka


SISWA-SISWA H.K.S SEDANG BERLIBUR 
DI KAWAH GUNUNG TANGKUBAN PARAHU 
FOTO DIBUAT ANTARA TAHUN 1925-1926.


Sejarah Gunung Tangkuban Parahu dikaitkan dengan legenda Sangkuriang, yang dikisahkan jatuh cinta kepada ibunya,Dayang Sumbi. Untuk menggagalkan niat anaknya menikahinya,Dayang Sumbi mengajukan syarat supaya Sangkuriang membuat perahu dalam semalam. Ketika usahanya gagal,Sangkuriang marah dan menendang perahu itu sehingga mendarat dalam keadaan terbalik. Perahu inilah yang kemudian membentuk Gunung Tangkuban Parahu.




KELUARGA Dr.R.A.M.BERGMAN BESERTA PEMBANTUNYA 
SEDANG BERLIBUR DI KAWAH GUNUNG TANGKUBAN PARAHU 
FOTO DIBUAT TAHUN  03-05-1931.


Gunung Tangkuban Parahu ini termasuk gunung api aktif yang statusnya diawasi terus oleh Direktorat Vulkanologi Indonesia. Beberapa kawahnya masih menunjukkan tanda tanda keaktifan gunung ini. Di antara tanda aktivitas gunung berapi ini adalah munculnya gas belerang dan sumber-sumber air panas di kaki gunungnya, di antaranya adalah di kasawan Ciater, Subang.




NYONYA Dr. R.A.M. BERGMAN BESERTA ANAK DAN PEMBANTUNYA 
BERPOSE BERSAMA SAMBIL TERSENYUM DI AREA KAWAH TANGKUBAN PARAHU
FOTO DIBUAT 3 JUNI 1931.

Keberadaan gunung ini serta bentuk topografi Bandung yang berupa cekungan dengan bukit dan gunung di setiap sisinya menguatkan teori keberadaan sebuah telaga besar yang kini merupakan kawasan Bandung.






SEORANG  ANAK SEDANG BERMAIN DITEMANI AYAHNYA
  DI KAWAH DOMAS GUNUNG TANGKUBAN PERAHU.
FOTO DIBUAT PADA BULAN JULI 1929.


Diyakini oleh para ahli geologi bahwa kawasan dataran tinggi Bandung dengan ketinggian kurang lebih 709 m di atas permukaan laut merupakan sisa dari danau besar yang terbentuk dari pembendungan Ci Tarum oleh letusan gunung api purba yang dikenal sebagai Gunung Sunda dan Gunung Tangkuban Parahu merupakan sisa Gunung Sunda purba yang masih aktif.


Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Sejarah Legenda Dan Foto-Foto Tangkuban Parahu Tempo Dulu

Posting Komentar