Sejarah Penanaman Kopi Di Pulau Jawa

Dijual Buku Antik dan Langka





Sejarah Penanaman Kopi Di Pulau Jawa
Langkah awal dari upaya pembudidayaan kopi di Tatar Sunda adalah mendatangkan terlebih dahulu biji kopi dari daerah Malabar di India.Pada tahun 1696,Gubernur Jenderal Joan van Hoorn menerima biji kopi dari mertuanya yang pada waktu itu bertugas di Malabar, India.Biji kopi ini kemudian ditanam di kebun-kebun percobaan milik Van Hoorn dan ZWaardecroon di sekitar Batavia dan Cirebon. 

Setelah melalui beberapa kali uji coba,ternyata menghasilkan kopi yang baik sehingga mereka menyimpulkan bahwa tanah Tatar Sunda sangat cocok untuk pembudidaya kopi. Dari hasil uji coba ini, Gubernuur Jenderal Van Hook kemudian mengirimkan kopi Jawa ke Belanda sebagai bahan promosi ke pasaran perdagangan Eropa. 


Promosi sendiri dilakukan langsung oleh Wali Kota Amsterd Nicolaes Witsen.Promosi ini menghasilkan sebuah seruan dari "De Heren XVII" kepada VOC untuk membudidayakan kopi di Pulau Jawa.






Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Sejarah Penanaman Kopi Di Pulau Jawa

Posting Komentar