Sejarah Penanaman Kopi di Cianjur Oleh Belanda

Dijual Buku Antik dan Langka


kopi
DUA ORANG GADIS SEDANG MEMETIK KOPI
FOTO DIBUAT AWAL TAHUN 1900.


Sejarah Penanaman Kopi di Cianjur Oleh Belanda 
Empat tahun dari pelaksanaan penanaman wajib kopi di Priangan, tepatnya pada tahun 1711, Bupati Aria Wira Tanu (Cianjur) berhasil menyerahkan kopi sebanyak satu pikul atau setara dengan 125 pon. Oleh karena itu, ia tercatat sebagai penguasa pribumi pertama yang berhasil menyerahkan kopi kepada VOC. Pada tahun 1718,Gubernur Jenderal Zwaardecroon berhasil mengirim kopi ke negerinya sebanyak 800 pikul.

Akan tetapi, untuk beberapa waktu ke depan (1711-1719) penyerahan kopi masih belum memadai. Baru pada tahun 1720 produksi kopi mencap ambang pintu keberhasilan. Berkaitan dengan ini, disebirt kan bahwa daerah Priangan Barat menjadi daerah peng-hasil kopi yang paling penting. Pada tahun 1723 dilapor bahwa di daerah ini telah terdapat 1.041.000 batang kopi yang berbuah dan 1.041.000 batang kopi muda.

Dua tahun kemudian, yakni pada tahun 1725, daerah ini menghasilkan kopi sebanyak 3.150.000 pon dan Kabupaten Cianjur serta Kampungbaru merupakan penghasil kopi terbesar. Dengan produksi sebesar itu, ditambah dengan produksi kopi dari daerah lain, Pulau Jawa berhasil menjadi produsen kopi terbesar di dunia mengalahkan Yaman.

Dengan kondisi seperti itu, kopi telah menjadi primadona  perekonomian Belanda sehingga timbul ungkapan "tanaman kopi bagaikan gabus". Artinya, dengan tanaman kopi mampu mengangkat perekonomian Belanda sehingga negeri ini menjadi salah satu negara terkemuka di Eropa. Sumber: Sejarah Tatar Sunda Jilid I.OlehNina H Lubis Dkk. 2003.

Syair lagu rakyat Priangan jaman dulu yang mengolok-olok Bupati Cianjur "Aria Wiratanu" karena telah berpihak kepada VOC.

Ayang-ayanggung,
gung goongna ramé,
ménak Ki Mas Tanu,
nu jadi wadana,
naha manéh kitu,
tukang olo-olo,
loba anu giruk,
ruket jeung Kumpeni,
niat jadi pangkat,
katon kagoréngan,
ngantos Kangjeng Dalem,
lempa lempi lempong
jalan ka Batawi ngemplong








Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Sejarah Penanaman Kopi di Cianjur Oleh Belanda

Posting Komentar