Foto Foto Bali Tempo Dulu

Dijual Buku Antik dan Langka



Warung di Bali tempo dulu sangat unik karena berbeda dengan warung-warung yang ada di daerah lain. Ketika ada pembeli si penjaga warung cukup mengeluarkan kepala sambil memberikan barang yang dipesan. Foto ini dibuat sebelum tahun 1929.







bali tempo dulu
Bali tempo dulu 1910


Sejarah Pulau Bali
Orang Eropa yang pertama kali menemukan Bali ialah Cornelis de Houtman dari Belanda pada 1597, meskipun sebuah kapal Portugis sebelumnya pernah terdampar dekat tanjung Bukit, Jimbaran, pada 1585. Belanda lewat VOC pun mulai melaksanakan penjajahannya di tanah Bali, akan tetapi terus mendapat perlawanan sehingga sampai akhir kekuasaannya posisi mereka di Bali tidaklah sekokoh posisi mereka di Jawa atau Maluku.







Bermula dari wilayah utara Bali, semenjak 1840-an kehadiran Belanda telah menjadi permanen yang awalnya dilakukan denga mengadu- domba berbagai penguasa Bali yang saling tidak mempercayai satu sama lain. Belanda melakukan serangan besar lewat laut dan darat terhadap daerah Sanur dan disusul dengan daerah Denpasar.


Pihak Bali yang kalah dalam jumlah maupun persenjataan tidak ingin mengalami malu karena menyerah,sehingga menyebabkan terjadinya perang sampai titik darah penghabisan atau perang puputan yang melibatkan seluruh rakyat baik pria maupun wanita termasuk rajanya. 







Sepasang muda-mudi sedang berpose 
disebuah studio foto. foto dibuat tahun 1924




Gusti Made Foto dibuat tahun 1922

Diperkirakan sebanyak 4.000 orang tewas dalam peristiwa tersebut, meskipun Belanda telah memerintahkan mereka untuk menyerah. Selanjutnya, para gubernur Belanda yang memerintah hanya sedikit saja memberikan pengaruhnya di pulau ini, sehingga pengendalian lokal terhadap agama dan budaya umumnya tidak berubah.





Letnan Hutter berpose di depan balatentaranya
foto dibuat tahun 1890


Dijual Buku Guide to Bali Cetakan 1971 













  • Judul : Guide to Bali - Portrait of an Indonesian Island
  • Penerbit : Bali Beach Corp.
  • Photography : Warner Hanh dan Hanh Hoefer
  • Cetakan : Tahun - 1971
  • Tebal : 317 halaman (dihiasi dengan banyak photo)
  • Bahasa : Inggris
  • Sampul : Paperback
  • Dimensi : 22 cm x 15 cm
  • Kondisi : Halaman lengkap Keterbacaan bagus
  • Harga : Rp. 200. 000 (belum termasuk ongkos kirim
  • Call : 0821 3029 2636





Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Foto Foto Bali Tempo Dulu

Posting Komentar