Candi Rajegwesi Ciamis

Dijual Buku Antik dan Langka



Rajegwesi Ciamis
CANDI RAJEG WESI CIAMIS


Rajegwesi - Ciamis
Situs Rajegwesi terletak di Dusun Pananjung, Desa Mulyasari, Kecamatan Pataruman, Kotif Banjar. Lokasi berada pada areal perkebunan milik PTP Nusantara VIII, Kebun Batulawang, Afdeling Mandalareh. Bangunan candi berada di sebuah gundukan tanah pada meander sungai sebelah selatan Citanduy.

Gundukan tanah itu tingginya sekitar 7 m dari lahan sekitar dengan diameter 70 m. Di sebelah barat candi berjarak lurus 1500 m, merupakan pertemuan antara Sungai Cijulang dan Citanduy. Sekitar lokasi situs berupa lahan perkebunan karet dan kebun palawija. Sementara itu, lokasi situs merupakan kebun yang ditanami tanaman semusim, antara lain ketela, kentang, kacang tanah, dan padi huma.

Hasil survei dan ekskavasi di situs itu menunjukkan bahwa candi itu terbuat dari bata, berdenah bujursangkar berukuran 6 x 6 in. Bangunan yang tampak sekarang adalah bagian kaki candi, "makam buatan" yang disusun dari bata-bata candi, dan dua buah batu datar menyerupai altar. Dani keterangan Bapak Marto, juru kunci situs itu, dan masya-rakat sekitarnya diketahui bahwa sekitar tahun 1945-an terdapat batu-batu panjang tertancap di bagian bangunan candi, namun sejak tahun 1960-an batu-batu panjang itu sudah tidak ada lagi.

Sementara itu, pada akhir tahun 1960- an di dekat lokasi runtuhan candi, ditemukan batu berwarna putih (tufa) berbentuk kubus. Masyarakat menganggap benda itu kursi batu. Kemudian batu itu dipindahkan ke komplek makam penduduk. Berdasarkan ciri-cirinya, benda itu adalah fragmen yoni bagian atas berukuran panjang 96 cm, lebar 86 cm, dan tebal 15 cm. Lubang tempat kedu128
nit lingga berbentuk bujursangkar dengan sisi 25 cm. cerat berukuran panjang 20 cm; lebar pangkal 20 cm; lebar ujung 16 cm.

Selain itu, di lokasi runtuhan juga ditemu kan batu-batu tufa, salah satunya berbentuk kubus. Sanagat mungkin, batu batu itu bagian dari yoni. Berdasarkan itu,Candi Rajegwesi berlatar belakang agama Hindu Saiwa.***  Sumber : Sejarah Tatar Sunda 2003 Oleh:Nina H. Lubis dkk

Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Candi Rajegwesi Ciamis

Posting Komentar