Empal Gentong Makanan Khas Cirebon

Dijual Buku Antik dan Langka




EMPAL GENTONG


Empal Gentong Makanan Khas Cirebon
Empal gentong adalah makanan sejenis gulai bersantan yang dipenuhi daging sapi. Karbohidratnya pun dapat dipilih, bisa dari lontong atau sepiring nasi hangat yang masih berasap.

Hidangan empal gentong di warung makan milik Ani di Jalan Raya Indramayu - Cirebon, Eretan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Selasa. Empal gentong adalah kuliner berupa daging sapi dengan kuah yang merupakan makanan khas setempat yang bisa didapat di sepanjang jalur pantai utara dari Indramayu menuju Cirebon.

Haji Suma, ahli waris kedua dari ayahnya, Mang Darma, salah satu penjual empal gentong terkenal di Cirebon, menuturkan soal empal gentong. Dinamakan empal gentong karena daging sapi, yakni babat, paru dan daging, direbus dalam gentong atau kuali dicampur santan dan rempah. Setelah masak, daging baru ditiriskan agar bisa dipotong kecil-kecil dan disajikan bersama kuah.

"Bumbu kuahnya kaya rempah, ada kunyit, kemiri, bawang merah, cengkeh, pala ketumbar, klabet, semua digiling lalu direbus bersama air," ujarnya.

Untuk mendapat seporsi empal gentong dengan kuah dan nasi yang masih mengepul, Anda hanya merogoh kocek sebesar Rp 15.000 seporsinya. Tentunya, hidangan ini cukup untuk menambah tenaga melanjutkan mudik ke kota tujuan dan bertemu keluarga. Sumber:Kompas
Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Empal Gentong Makanan Khas Cirebon

Posting Komentar