Sejarah Dan Foto-Foto Garut Tempo Dulu Volume.I

Dijual Buku Antik dan Langka

KELUARGA EROPA SAAT MENGUNJUNGI LELES GARUT
DENGAN MOBIL ANTIKNYA 
FOTO DIBUAT 1920-1921



Sejarah Singkat Kabupaten Garut.
Keberadaan Kabupaten Garut dalam struktur pemerintahan Propinsi Jawa Barat,termasuk Kabupaten yang terbentuk dari gabungan wilayah dari empat Kabupaten,masing-masing Kabupaten Bandung,Kabupaten Sukapura (Tasikmalaya),Kabupaten Sumedang,dan Kabupaten Limbangan,proses penggabungan wilayah ini terjadi pada tanggal 1 Januari 1901.


Pada tahun 1913 Kabupaten Limbangan diganti namanya menjadi Kabupaten Garut. Sedangkan penetapan Hari jadi Garut jatuh pada tanggal 17 Maret 1813 yang ditetapkan berdasarkan PErda No.11 tahun 1981.





MASJID AGUNG GARUT TEMPO DULU
FOTO DIBUAT ANTARA TAHUN 1925-1933



Sejarah Singkat Masjid Agung Garut.
Pembangunan mesjid agung Garut tidak bisa dipisahkan dengan pembangunan kabupaten Garut. Berdasarkan catatan sejarah,pada tanggal 15 September 1813 pertama kali dibangun sarana dan prasarana ibukota yaitu pendopo, kantor asistén residen, mesjid, penjara, dan alun-alun.Tetapi jika melihat nisan kuburan yang terletak di samping mesjid agung, mesjid ini kiranya dibangun pada tahun 1809 atau bahkan sebelumnya. Lantaran didinya kapanggih angka taun 1809. Ada sebuah tradisi pada masa itu bahwa yang disebut kuburan pasti dibuat di dekat mesjid layaknya mesjid-mesjid di Jawa seperti mesjid agung di Demak dan Banten.

Renovasi Masjid Agung Garut.
Dari catatan yang ditemukan di sekretariat DKM Mesjid Agung, renovasi yang radikal terhadap pembangunan mesjid ini terjadi pada 1979. Saat itu bentuk atap tajug tumpang tiga dirubah menjadi kubah dengan plat beton bertulang. Bentuk kubah ini pada tahun 1981 diubah kembali menjadi bentuk kupiah dengan atap seng gelombang. Terakhir kali mesjid ini direnovasi secara total pada tahun 1994 seperti bentuknya yang sekarang, dengan mengacu pada bentuk mesjid Timur Tengah.



SUASANA SEBUAH JALAN RAYA DI GARUT TEMPO DULU
FOTO DIBUAT ANTARA TAHUN 1920-1925


ANAK-ANAK BERJOGED DI TEPI SITU BAGENDIT SAMBIL 
DI IRINGI ALUNAN MUSIK ANGKLUNG
FOTO DIBUAT PADA BULAN FEBRUARI 1933


Situ Bagendit terletak di desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Situ Bagendit merupakan objek wisata alam berupa danau dengan batas administrasi disebelah utara berbatasan dengan Desa Banyuresmi, disebelah selatan berbatasan dengan Desa Cipicung, disebelah timur berbatasan dengan Desa Binakarya, dan disebelah barat berbatasan dengan Desa Sukamukti.

Aktivitas wisata yang dapat dilakukan di Situ Bagendit ini antara lain menikmati pemandangan, mengelilingi danau dengan menggunakan perahu atau rakit. Para pengunjung juga dapat melakukan kegiatan rekreasi keluarga, menikmati pemandangan serta kegiatan bersepeda air.



Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Sejarah Dan Foto-Foto Garut Tempo Dulu Volume.I

Posting Komentar