Situs Purbakala di Kuningan Jawa Barat

Dijual Buku Antik dan Langka


Anak-Anak Eropa 
di Cikijing Kuningan 1918



Situs Purbakala Sukasari Susukan dan Ciarca Kuningan Situs Sukasari, Susukan, dan Ciarca terletak di Kabupaten Kuningan Jawa Barat.

Sukasari terletak di Kampung Sukasari Desa Cijemit, Kecamatan Ciniru. Berada pada ketinggian 310 m dpl. Di sebuah lahan perkebunan penduduk sehingga sebagian situsnya sudah hancur. 

Temuannya berupa serakan batu kali, sisa-sisa fondasi, dan susunan batu kali berbentuk empat persegi tidak beraturan, yoni, umpak batu, dan lumpang batu. 

Situs Susukan terletak di Kampung Susukan, Desa Susukan, Kecamatan Ciawigebang. Berada pada ketinggian 303 m dpl. Di tepi Sungai Ciberes, pada lahan perkebunan penduduk. Seperti juga situs Sukasari, Susukan pun sebagian sudah hancur. Pada situs itu ditemukan sebuah yoni, susunan batu berbentuk empatpersegi panjang, dan meja batu.

Situs Ciarca terletak di Kampung Ciarca, Desa Sagarahyang, Kecamatan Darma, tidak jauh dari situs Hululingga. Berada pada ketinggian 945 m dpi. di sebuah puncak Pasir Sanghyang, pada suatu tempat yang rimbun dan penuh tumbuhan hutan liar dan semak belukar. Pada situs itu ditemukan serakan batu kali dan bongkahan batu andesit, sisa-sisa fondasi, lingga, yoni, arca Nandi, dan menhir. Sumber Sejarah Tatar Sunda H. Nina Lubis. dkk 2003.



Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Situs Purbakala di Kuningan Jawa Barat

Posting Komentar