Lagu Flamboyan oleh Trio Bimbo

Dijual Buku Antik dan Langka
Flamboyan Trio Bimbo



Flamboyan Album : Trio Bimbo 1971 
Penyanyi : Trio Bimbo 
Pencipta : Iwan Abdurahman 
Label : Fontana Tahun: 1971  


Inilah pengakuan dari Iwan Abdurrachman pencipta lagu Flamboyan yang dipopulerkan Trio Bimbo : 

"Saya menulis lagu Flamboyan ya karena ingin memikat dan merayu calon istri," ujar alumnus Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran Bandung ini. 

Saking seriusnya niat mempersembahkan lagu itu buat sang kekasih, hingga kini Iwan Abdurrachman masih ingat secara persis tanggal bulan hingga tahunnya. "Itu terjadi di suatu senja di Bandung pada 27 Januari 1967. Saat itu bersama dengan teman saya mengitari Jalan Dr. Susilo. Suasananya tenteram. Asyiklah pokoknya. Bandung dulu berbeda dengan sekarang. Dulu Bandung itu asri," tambahnya lagi. 

Ketika tengah melintas jalan, Iwan pun menyaksikan bunga-bunga flamboyan yang berwarna merah luruh, berguguran dan berjatuhan, lalu berserakan di bumi. Melihat kejadian alam itu, ilhamnya pun bangkit dan menggelegak. Lalu dituangkannya melalui melodi dan barisan lirik yang indah dan puitis. Cukup lama juga Iwan memendam lagu ini. 

Hingga tiga tahun berselang, Iwan bersahabat dengan Jaka Purnama Hardjakusumah, putra bungsu dari Trio Bimbo, kemudian memberikan lagu untuk dinyanyikan Trio Bimbo yang saat itu tengah merekam album perdana Fontana Record Singapura. 


Di tahun 1971, lagu flamboyan yang dilantunkan Acil Hardjakusumah dengan suara tenor berhasil mengetuk nurani pendengarnya. Lagu bernuansa balada ini kelak  menjadi semacam cetak biru lagu-lagu Bimbo dengan atmosfer romansa. 



"Senja itu flamboyan berguguran/Seorang dara memandang/Terpukau.../ Satu-satu daunnya berjatuhan/Berserakan di pangkuan bumi."


Sumber : Rolling Stone Special Collectors Edition - 150 Lagu indonesia Terbaik. Majalahnya dijual disini 
Dijual Buku Antik dan Langka Sastra Sejarah Dll
Dijual Majalah Cetakan Lama
Dijual Buku Pelajaran Lawas

Postingan terkait

Saya JAY SETIAWAN
tinggal di kota Bandung. Selain iseng menulis di blog, juga menjual buku-buku bekas cetakan lama. Jika sahabat tertarik untuk memiliki buku-buku yang saya tawarkan, silahkan hubungi Call SMS WA : 0821 3029 2632. Trima kasih atas kunjungan dan attensinya.

Lagu Flamboyan oleh Trio Bimbo

Posting Komentar